You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Bandingan
Desa Bandingan

Kec. Kejobong, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

SOSIALISASI PENYAKIT HIV UNTUK REMAJA DESA BANDINGAN

Administrator 11 April 2021 Dibaca 36 Kali
SOSIALISASI PENYAKIT HIV UNTUK REMAJA DESA BANDINGAN

BANDINGAN- Dalam rangka memberikan pemahaman kepada remaja di Desa Bandingan tentang apa itu HIV-AIDS maka Puskesmas Kejobong melaksanakan sosialisasi tentang bahaya penularan penyakit HIV-AIDS/

Narasumber menyampaikan bahwa belum semua masyarakat memahami penularan HIV-AIDS dari satu orang ke orang lain secara benar. HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang kemudian menimbulkan AIDS. HIV menyerang salah satu jenis dari sel-sel darah putih yang bertugas menangkal infeksi. HIV tergolong virus kelompok virus yang mempunyai kemampuan untuk mengkopi cetak genetik sel-sel yang ditumpanginya. Sedadangkan AIDS (cquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh oleh HIV.

Dijelaskan pula bahwa HIV-AIDS merupakan virus yang dapat ditularkan, melalui hubungan seksual dengan seorang yang telah terinfeksi HIV tanpa memakai pengaman/pelindung (kondom). melalui tranfusi darah atau alat-alat yang telah terpapar HIV , jarum suntik.

Dari hal tersebut, supaya terhindar dari penularan HIV-AIDS tersebut dianjurkan agar, tidak melakukan hubungan seks beresiko, setia pada pasangan, jauhi narkoba, cek HIV atau status HIV secara teratur.

Secara umum kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian generasi muda terhadap isu HIV-AIDS dan untuk menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap pengidap HIV-AIDS.

Dari sosialisasi tersebut diharapkan para remaja mempunyai pengetahuan untuk mencegah dan mengurangi resiko penularan HIV, meningkatkan kualitas hidup ODHA, serta mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat HIV dan AIDS pada individu, keluarga dan masyarakat, agar individu dan masyarakat lebih produktif dan bermanfaat bagi sesama. Kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar serta diakhiri dengan foto bersama.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image